Cara Upload Produk di Tokopedia Lewat HP Dengan Cepat dan Mudah

loading...
loading...
Bagi teman-teman yang baru mengenal aplikasi tokopedia mungkin masih kebingungan dengan cara upload produk di tokopedia lewat hp. Memang mengupload produk di tokopedia melalui perangkat komputer dan hp itu agak berbeda. Yang saya maksud berbeda ini adalah letak menunya saja, namun untuk pengisian data dan detail produknya sama saja hehe.

Hal ini sangat penting diketahui bagi teman-teman yang ingin berjualan online melalui tokopedia, baik itu menjual barang milik sendiri atau menjual barang milik orang lain (dropshipper). Ok tanpa banyak basa-basi lagi mari langsung saja saya mulai.

Pertama-tama yang harus teman-teman persiapkan adalah HP dan aplikasi tokopedia yang sudah terinstall tentunya hehe.


Lalu pastikan teman-teman sudah login menggunakan akun tokopedia teman-teman ya. Setelah login lalu pastikan juga bahwa teman-teman sudah membuka toko di tokopedia. Ya, karna jika ingin berjualan online di tokopedia teman-teman harus membuka toko di tokopedia terlebih dahulu.

Cara Upload Produk di Tokopedia Lewat HP Dengan Cepat dan Mudah


Setelah semuanya lengkap, hp ada, aplikasi tokopedia sudah terinstall, sudah login, dan sudah membuka toko di tokopedia, selanjutnya teman-teman klik “menu” yang berada di pojok kanan atas atau yang berbentuk garis bertumpuk tiga.

Di dalam menu tersebut teman-teman dapat melihat akun teman-teman, saldo, TopPoints, Beranda, Wishlist, Kotak Masuk, Pembelian, Penjualan, Pengaturan, Hubungi Kami, Keluar, dan yang paling bawah terdapat toko online teman-teman.

Silahkan teman-teman klik “Penjualan”. Nantinya di dalam menu “Penjualan” teman-teman akan melihat sub-sub menu mulai dari Order baru, Konfirmasi pengiriman, Status pengiriman, Daftar penjualan, Daftar Produk dan Etalase Toko.

Silahkan teman-teman klik “Daftar Produk”. Jika sebelumnya teman-teman sudah pernah mengupload produk di tokopedia maka di dalam menu tersebut akan muncul daftar produk yang sudah pernah teman-teman upload, namun jika teman-teman belum pernah mengupload produk maka di dalam menu tersebut tidak akan ada apapun.

Selanjutnya teman-teman klik lingkaran berwarna hijau di pojok kanan bawah yang ditengahnya terdapat tanda (+), atau jika tidak ada maka teman-teman bisa klik menu yang berada di pojok kanan atas yang bergambar titik yang bertumpuk tiga.

Jika teman-teman mengklik lingkarang hijau yang terdapat tanda (+) nantinya akan tersedia tiga pilihan, pilihan pertama teman-teman dapat mengupload produk melalui instagram, pilihan kedua teman-teman bisa mengupload produk melalui gallery di hp teman-teman, dan pilihan ketiga teman-teman bisa mengupload produk melalui kamera secara langsung menggunakan kamera hp teman-teman. Silahkan teman-teman pilih dari ketiga pilihan tersebut. Namun jika teman-teman mengklik menu yang berada di pojok kanan atas yang bergambar titik yang bertumpuk tiga, maka teman-teman akan langsung masuk ke menu “Tambah Produk”.

Bagian pertama pada menu “Tambah Produk” teman-teman akan diminta untuk menambahkan gambar produk yang akan teman-teman jual. Untuk menambahkan gambar produk yang akan teman-teman jual langkahnya klik saja kotak yang berlambangkan kamera, lalu nanti akan terbuka jendela album foto dari hp teman-teman. Silahkan teman-teman cari dan pilih gambar produk yang akan teman-teman jual. Disini teman-teman bisa menambahkan hingga 5 foto. Untuk foto yang akan dijadikan sebagai foto utama maka teman-teman harus meletakkan gambarnya pada kotak yang bertuliskan “Gambar Utama”.

Selanjutnya teman-teman isikan nama produk, kategori produk dan deskripsinya. Di bawah kotak deskripsi teman-teman akan lihat menu “Preorder”. Preorder itu adalah fasilitas yang diberikan tokopedia sebagai tanda bahwa produk tersebut baru di buat atau baru akan di bikin jika ada yang memesan, misalnya seperti kue dll. Jika produk teman-teman bukan produk preorder maka teman-teman lewati saja menu “Preorder”.

Lalu teman-teman isikan harga. Untuk penulisan harga tidak usah ditambahkan titik atau koma, karena itu akan terisi secara otomatis, jadi langsung saja ditulis misalnya harga barangnya Rp 150.000 maka tulisnya 150000 tidak usah menggunakan titik atau koma. Isikan juga berat barangnya. Berat barang ini ada dua pilihan satuan, bisa menggunakan gram atau kilogram. Jangan lupa juga isikan “Min. Order” atau minimal pembelian, maksudnya teman-teman ingin produknya itu minimal pembeliannya berapa, 1, 2, 3 dll.

Selanjutnya adalah “Harga Grosir”. Harga grosir ini adalah potongan harga. Jika teman-teman ingin memberikan potongan harga pada pembeli yang membeli barang dengan jumlah tertentu maka teman-teman bisa menggunakan fitur ini, misalnya harga barang 150.000, jika ada yang membeli 5 sampai 10 barang maka harga satuannya menjadi 145.000 perbarangnya. Jumlah pembelian dan harga potongan barang ditentukan oleh teman-teman sendiri.


Selanjutnya adalah “Pilih Status” dan pilih “Stock Tersedia” jika barangnya masih ada dan “Stock Kosong” jika barang sudah habis terjual. Dibawahnya ada “Terima Pengembalian”, maksudnya adalah apakah produk teman-teman dapat dikembalikan jika terdapat kesalahan atau kerusakan pada produk yang teman-teman jual atau tidak.

Lalu ada “Kondisi”, kondisi ini adalah kondisi produk yang teman-teman jual apakah baru atau bekas. Dan yang terakhir adalah “Asuransi”, untuk asuransi dibiarkan saja secara default.

Setelah semuanya terisi dengan lengkap dan benar  dan tidak ada lagi produk yang akan teman-teman upload, maka teman-teman bisa klik “Simpan”. Namun jika masih ada produk yang ingin di upload maka teman-teman klik saja “Simpan dan Tambah” nantinya teman-teman akan langsung masuk kembali ke halaman “Tambah Produk” setelah produk sebelumnya berhasil terupload.

Jika teman-teman masih bingung maka bisa lihat video tutorialnya berikut ini


loading...
0 Komentar untuk "Cara Upload Produk di Tokopedia Lewat HP Dengan Cepat dan Mudah"

Back To Top