Wednesday, September 7, 2016

4 Cara Sederhana Mencegah Penularan Virus Zika

Cara Mencegah Penularan Virus Zika - Menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh sangatlah penting dilakukan oleh semua orang. Pasalnya jika kekebalan tubuh tidak terjaga maka akan berdampak pada mudahnya tubuh terserang oleh berbagai virus. Virus yang menyerang tubuh akan membuat tubuh merasakan sakit bahkan beberapa virus ada yang dapat menyebabkan kematian.

Organisasi kesehatan dunia atau World Health Organization (WHO) telah mengumumkan bahwa virus zika adalah virus yang berbahaya bagi seluruh masyarakat di dunia pada Februari 2016 lalu. Awalnya virus ini ditemukan di Afrika pada seekor monyet. Virus ini lalu menyebar ke berbagai dunia seperti Amerika dan Asia.

Virus zika adalah salah satu virus yang berasal dari jenis Flavivirus. Virus zika juga memiliki kesamaan dengan virus dengue atau lebih dikenal dengan demam berdarah (DBD) yang berasal dari kelompok Arbovirus.

4 Cara Sederhana Mencegah Penularan Virus Zika


Virus ini pernah dinyatakan menghilang hingga akhirnya ditemukan kembali. Belum ditemukannya vaksin untuk virus ini guna menangkal dan menyembuhkan penderitanya membuat semua orang wajib lebih waspada.

Selain berbahaya, virus zika juga dapat dengan mudah menular dengan cara seringnya berganti-ganti pasangan pada saat berhubungan intim. Dan ternyata virus zika ini juga dapat menular melalui kontak mata, lebih tepatnya melalui air mata. Para ahli telah meneliti hal tersebut dan didapatkan bahwa virus zika dapat berkembang pada daerah sekitar mata, hal ini pula yang menyebabkan penderita virus zika kerap kali mengalami kebutaan.

Baca juga: Fakta Penting Bahaya Virus Zika Yang Wajib Anda Ketahui

Agar terhindar dari virus zika yang berbahaya, hendaknya kita melakukan pencegahan. Cara mencegah penularan virus zika yang dapat kita lakukan agar terhindar dari virus zika adalah sebagai berikut.


Menghindari Kontak Langsung Dengan Nyamuk



Menghindari kontak langsung dengan nyamuk memang bisa dibilang susah-susah gampang. Pasalnya terkadang kita tidak menyadari kehadiran nyamuk disekitar kita terutama ditempat yang baru kita datangi. Namun untuk lingkungan sekitar rumah ada cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk menghindari kontak langsund dengan nyamuk yaitu menabur bubuk larvasida, membakar obat nyamuk atau menggunakan obat anti nyamuk, memakai baju yang menutupi sebagian tubuh yang berwarna cerah, menggunakan kelambu ketika tidur, serta hindari menggunakan wangi-wangian yang dapat mengundang perhatian nyamuk seperti parfum dan deodoran. Tetaplah selalu waspada dengan selalu memperhatikan lingkungan sekitar tempat Anda berada.


Berantas Sarang Nyamuk


Cara yang mudah dan sudah sering dipublikasikan adalah dengan melakukan (PNS) 3M Plus yaitu menguras bak mandi serta menyikat dinding-dindingnya, karena telur nyamuk terkadang menempel pada dinding-dinding bak mandi. Menutupsegala tempat penampungan air agar nyamuk tidak dapat bertelur di dalamnya. Mengubur barang-barang bekas yang sudah tak terpakai agat tidak tergenang oleh air ketika hujan datang. Atau sekarang ini kita bisa melakukan daur ulang terhadap barang-barang yang sudah tidak terpakai menjadi barang-barang yang dapat digunakan kembali.

Melakukan Pengawasan Terhadap Jentik Nyamuk


Pengawasan terhadap jentik nyamuk dapat dilakukan dengan cara melibatkan peran aktif seluruh masyarakat melalui Jumatik (Gerakan Satu Rumah Satu Juru Pemantau Jentik).


Meningkatkan Daya Tahan Tubuh


Meningkatkan daya tahan tubuh sangatlah penting agar tubuh kita tidak mudah terserang oleh virus. Cara yang bisa kita lakukan adalah dengan pola hidup sehat dan bersih seperti olahraga, menjaga asupan makanan serta diet yang simbang.

0 comments

Post a Comment