Monday, July 11, 2016

Pengertian Keuntungan Kekurangan Bisnis Online Dropship

Mungkin banyak yang belum mengetahui atau belum paham mengenai pengertian keuntungan  dan kekurangan bisnis online dropship. Sebetulnya apa sih itu dropship? Sebelum itu saya akan menjelaskan terlebih dahulu sedikit pengertian mengenai beberapa istilah yang ada dalam perdagangan.

Vendor adalah orang atau toko yang membuat barang atau memiliki barang sendiri dan dijual secara grosir atau banyak. Sering juga disebut produsen.

Supplier adalah orang atau toko yang menyetok barang dari Vendor untuk dijual kembali baik secara eceran maupun grosir.

Dropship adalah orang atau toko yang menjual barang milik orang lain, ressler atau supplier tanpa menyetok barang.

Itu adalah sedikit istilah yang ada dalam perdagangan baik secara online atau pun secara offline.

Mungkin untuk lebih jelasnya sistem dropship adalah sistem berjualan dengan hanya menggunakan foto atau gambar yang diperoleh dari supplier (tanpa perlu menyetok barang dari supplier) dan menjualnya dengan harga yang di tentukan oleh si dropship itu sendiri.

Pengertian Keuntungan Kekurangan Bisnis Online Dropship


Cara pembayarannya adalah ketika pembeli sudah membayar dan memberikan data lengkap kepada si dropship, selanjutnya dropship akan membayar kepada supplier dan memberikan semua data-data pembeli, maka nanti supplier yang akan mengirim barang tersebut kepada pembeli. Dan yang lebih enak lagi adalah meskipun supplier yang mengirim barang tetapi nama pengirim akan tertera nama si dropship.

Baca Juga: Cara Dropship Di Tokopedia Lengkap dan Mudah

Contohnya: Misal produk A di supplier berharga Rp 50.000, lalu dropship menjualnya seharga Rp 80.000. Ketika ada yang membeli produk A pada si dropship, maka si dropship akan membeli barang tersebut kepada supplier dan memberikan semua data-data si pembeli (nama, alamat, no telpon dll) pada supplier. Lalu supplier akan mengirim barang tersebut dengan nama pengirim si dropship. Tanpa mempunyai barang, tanpa perlu repot mengirim, serta hanya bermodalkan promosi maka si dropship mendapatkan untung Rp 30.000 dari transaksi tersebut.

Setiap hal yang dilakukan pastilah ada kekurangan dan kelebihannya. Mungkin Anda sudah mulai tergiru untuk segera melakukan bisnis dropship ini. Tetapi jangan terlalu terburu-buru, sebab Anda harus mengetahui terlebih dahulu kekurangan dan kelebihan dari bisnis online dropship ini agar menjadi bahan pertimbangan sebelum Anda benar-benar terjun di dalamnya.

Kelebihan Bisnis Online Dropship

  • Tanpa modal besar
Semua bidang pekerjaan itu pastilah menggunakan modal baik besar maupun kecil. Modal bukan hanya sebatas uang saja. Tenaga, pikiran dan ucapan juga adalah modal. Begitu juga dengan sistem dropship ini. Modal yang diperlukan tidaklah besar, mungkin Anda hanya memerlukan promosi melalui sosial media, pulsa dan kuota untuk berinteraksi dengan pembeli dan supplier.

  • Praktis
Disebut praktis karena dropship tidak perlu melakukan banyak gerak, hanya perlu promosi dan promosi. Untuk masalah barang dan pengiriman adalah tanggung jawab supplier.
  • Bebas
Yang dimaksud dengan bebas disini adalah bekerjanya dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Selama ada media untuk promosi dan melakukan interaksi dengan pembeli dan supplier maka disitulah dropship dapat bekerja.
  • Tidak ada biaya operasional

Kekurangan Bisnis Online Dropship

  • Keuntungan kecil
Walaupun tidak semua dropship itu memiliki keuntungan yang kecil, tetapi kebanyakan dropship mengambil untuk yang kecil terutama jika mereka berjualan di toko online umum yang sudah terkenal seperti Tokopedia atau Bukalapak. Itu terjadi karena banyak saingan yang mematok harga yang murah. Lain halnya jika Anda membuat toko online sendiri, itu akan memudahkan Anda untuk memainkan harga. Itu pun tidak semudah yang dibayangkan.
  • Info stok barang
Yang mengetahui stok barang adalah pihak supplier, terkadang dropship telat update untuk masalah stok. Ini saya alami sendiri, ketika ada pembeli yang membeli sepatu dengan ukuran 38 ternyata di suppliernya sudah kosong.
  • Tidak melihat barang secara langsung
Ini adalah kendala yang paling serius, karena terkadang pembeli ada yang meminta untuk di fotokan barangnya secara langsung. Atau mungkin jika Anda tidak menguasai produk yang Anda jual, maka ketika ada pertanyaan yang mendalam mengenai produk tersebut Anda akan kebingungan.
  • Resiko terkena komplain lebih besar
Dilihat dari pengertiannya, maka dropship ini sangat rentan sekali terkena komplain. Entah itu dari segi pengiriman yang lama ataupun dari segi barang yang cacat atau tidak sesuai dengan pesanan.

Itulah sedikit banyak mengenai pengertian keuntungan dan kekurangan bisnis online dropship. Jika Anda ingin terjun dalam dunia bisnis online dropship, maka hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah mencari supplier yang jujur, berkualitas dan dapat dipercaya. Karena hal itu sangat menentukan bagaimana nantinya bisnis online Anda akan berjalan.

3 comments: