Saturday, June 25, 2016

Waspadai Malware Terbaru yang Akan Mengancam Pengguna Android

Malware adalah sebuah sistem yang di buat oleh tangan manusia yang memiliki tujuan-tujuan tertentu (biasanya tujuan jahat) atau yang lebih mudahnya biasa dikenal sebagai virus. Banyak orang yang khawatir akan hadirnya malware ini, pasalnya kehadiran malware pada komputer atau android dapat menyebabkan kerugian baik kecil maupun besar.

Baru-baru ini android kembali akan mendapat ancaman oleh bahayanya serangan dari malware. Godless, begitulah sebutan dari malware mobile teranyar yang baru saja terdeteksi oleh perusahaan keamanan Trend Micro. Diperkirakan malware terbaru ini akan menyerang perangkat sistem android yang menggunakan versi 5.1 Lollipop kebawah. Dengan kata lain, atas hadirnya malware ini dapat menyebabkan terancamnya 90% pengguna perangkat android diseluruh dunia.

Cara kerja malware Gogless ini hampir mirip dengan kit yang pada umumnya mengeksploitasi sistem. Lebih tepatnya lagi malware Godless ini akan bersembunyi pada beberapa aplikasi-aplikasi lalu akan mengekspoitasi sistem root pada perangkat android.

Waspadai malware terbaru yang akan mengancam pengguna android diseluruh dunia

Kemudia setelah hal itu terjadi, malware Godless ini akan dengan mudah membuka akses keseluruh sistem android seperti layaknya administrator, dan memungkinkan aplikasi yang tidak dikenal oleh perangkat akan dapat terpasang.

Akibatnya aplikasi-aplikasi akan terunduh dengan sendirinya tanpa disadari oleh si pemilik perangkat. Sehingga hal ini dapat menyebabkan munculnya iklan-iklan yang dapat mengganggu kenyamanan pengguna dan lebih parahnya lagi dapat memata-matai perangkat para korbannya.

Menurut Trend Micro dari hasil data-data yang berhasil dikumpulkan, bahwasannya aplikasi-aplikasi berbahaya yang telah berhasil disusupi oleh malware tersebut kemungkinan besar bisa ditemukan pada market aplikasi terkenal seperti Google Play. Tercatat sudah hampir sebanyak 850.000 perangkat di seluruh dunia yang akan terancam oleh serangan dari malware tersebut.

Trend Micro juga mengingatkan kepada seluruh pengguna perangkat android di seluruh dunia agar berhati-hati ketika hendak memasang sebuah aplikasi terutama aplikasi yang berasal dari pengembang yang tidak dikenal. Dan juga, untuk mencegah masuknya malware pada perangkat android yang Anda gunakan hendaknya sebelum memasang sebuah aplikasi lebih baik perhatikan terlebih dahulu review dari aplikasi tersebut.

Memang mungkin banyak sesuatu yang berbahaya itu kadang terlihat sepele. Akan tetapi jangan remehkan sesuatu yang terlihat sepele itu. Alangkah lebih baiknya jika kita berhati-hati dan waspada sebelum hal yang besar terjadi. Karena mencegah itu lebih baik dari pada mengobati.

0 comments

Post a Comment