Tuesday, June 14, 2016

Tips Cara Memilih Menu Makan Sahur Sehat yang Baik

Cara Memilih Menu Makan Sahur Sehat yang Baik - Sahur adalah hal yang penting ketika Anda hendak melaksanakan ibadah puasa. Menu makan sahur yang Anda nikmati sedikit banyak akan berpengaruh bagi tubuh pada saat berpuasa nantinya.

Oleh sebab itu pilihlah menu makan sahur yang sesuai dan tepat guna menunjang kebutuhan energi yang maksimal pada saat berpuasa, sehingga Anda dapat melaksanakan ibadah puasa tanpa ada hambatan dari tubuh seperti mengantuk dan lemas.

Dibawah ini saya akan memberikan beberapa tips cara memilih menu makan sahur sehat yang baik untuk Anda agar terhindar dari gangguan yang berasal dari tubuh seperti mengantuk dan lemas. Anda dapat mencobanya bersama keluarga dirumah. Berikut ulasannya:

Tips Cara Memilih Menu Makan Sahur Sehat yang Baik

1. Protein dan Karbohidrat yang Cukup

Pilihlah menu santap sahur yang banyak mengandung karbohidrat seperti jagung, roti, singkong, dan nasi merah. Karbohidrat dibutuhkan tubuh agar tidak lemas ketika berpuasa. Serta tidak lupa protein yang cukup untuk tubuh, baik itu protein nabati seperti tempe dan tahu maupun protein hewani seperti daging dan ikan. Agar Anda tidak bosan dengan menu yang itu itu saja maka Anda juga bisa mengkombinasikan beberapa makanan yang mengandung karbohidrat dan protein, misalnya roti dan telur rebus.

2. Kurangi Makanan yang Mengandung Lemak

Makanan yang mengandung lemak memang kurang baik untuk tubuh. Maka dari itu, kurangilah santap sahur Anda dengan makanan yang mengandung lemak seperti kuah santan serta gorengan. Memang makanan yang mengandung lemak itu nikmat, tetapi dibalik kenikmatannya itu terkandung bahaya yang salah satunya dapat memperberat kerja pencernaan yang akibatnya tubuh Anda akan mengalamai dehidrasi karena banyak mengeluarkan cairan, dan akhirnya Anda menjadi cepat haus ketika berpuasa.

3. Perbanyaklah Minum Air Putih

Selain makanan, air juga merupakan sumber energi dalam tubuh manusia. Sebagian besar dari tubuh manusia adalah air. Jika tubuh kekurangan cairan maka akan menyebabkan dehidrasi. Oleh sebab itu agar ketika berpuasa Anda tidak mengalami dehidrasi, maka dianjurkan memperbanyak minum air putih ketika sahur.

Selain pada saat sahur, usahakan juga banyak minum air ketika berbuka puasa dan jeda waktu antara berbuka dan waktu sahur (malam hari), agar cairan dalam tubuh tetap terpenuhi.

4. Minum Susu

Susu dapat menetralkan racun yang ada pada tubuh. Anda dapat meminum susu sebagai pelengkap pada saat Anda menyantap hidangan sahur. Khususnya bagi Anda yang menyantap hidangan sahur dengan menu yang berat. Selain pada saat sahur, Anda juga dapat meminum susu pada saat berbuka. Hindari meminum kopi dan teh karena itu akan membuat Anda cepat haus ketika berpuasa. Bagi Anda yang tidak suka dengan susu maka Anda dapat menggantinya dengan jus buah kesukaan Anda.

5. Mengkonsumsi Buah-buahan

Buah merupakan makanan yang dibuat oleh alam. Oleh karenanya terdapat banyak sekali manfaat dan sumber vitamin yang bisa Anda dapat dari hasil alam tersebut. Apel dan anggur adalah buah yang cukup ringan untuk Anda konsumsi pada saat sahur. Tetapi jangan terlalu berlebihan ketika menyantapnya, karena segala sesuatu yang berlebihan itu tidaklah baik.

Selain dari beberapa cara memilih menu makan sahur sehat diatas, Anda juga dapat menyempurnakan menu makan sahur Anda dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung potassium dan magnesium yang terdapat pada jeruk, pisang, dan kacang almon yang bertujuan untuk membantu tubuh memproduksi energi guna menunjang aktivitas sepanjang hari ketika berpuasa.

0 comments

Post a Comment